Jumat, 05 Oktober 2012

Alat Penghitung Pengunjung Supermarket


 


Alat Penghitung Pengunjung Supermarket

          Alat ini digunakan atau di letakkan di pintu masuk Supermarket untuk menghitung pengunjung Supermarket. Aat ini menggunakan dua sensor, yaitu Sensor Tekanan dan Sensor Photoelektrik. Sensor Tekanan digunakan sebagai input pertama (Iput A) dan Sensor Photoelektrik digunakan sebagai input kedua ( Input B ). Sensor Tekanan diletakan dibawah Keset, sedangkan Sensor Photoelektrik diletakan di dekat pintu setelah Sensor Tekanan. Untuk alat penghitung pengunjung menggunakan Counter.
          Cara kerja dari sistem atau alat di atas adalah sebagai berikut :
 Orang yang akan berkunjung ke Supermarket akan menginjak Keset yang dimana terdapat sensor tekanan dalam Keset sehingga sensor tekanan aktif sebagai input A. Setelah menginjak Keset orang akan melewati sensor Photoelektrik yang diletakan di depan pintu masuk Supermarket kemudian Counter akan mulai menghitung.  Counter yang digunakan sebagai penghitung pengunjung akan bekerja atau menghitung dengan syarat input A aktif kemudian  Input B aktif. Tetapi jika syarat tersebut tidaak terpenuhi maka Counter tidak akan bekerja. Sebagai contoh jika hanya menginjak Keset tetapi tidak melewati sensor Photoelektrik atau sebaliknya tidak akan menghitung. Counter juga tidak akan bekerja atau menghitung jika orang atau pengunjung keluar dari supermarket,karena kalau keluar dari supermarket pengunjung akan melewati Sensor Photoelektrik dahulu kemudian menginjak Keset jadi tikan akan bisa mengaktifkan Counter (input B aktif kemudian input A baru aktif  ).(111113006)



3 komentar:

  1. Umumnya orang yang masuk ke supermarket bergerombol-gerombol, sehingga penghitungan jumlah pengunjung dengan cara seperti di atas tidak bisa dilakukan, kecuali orang yang masuk bisa dibuat satu persatu.

    BalasHapus
  2. Ninggalin Jejak gan

    sekarang sudah ini jaman nya

    http://www.kaskus.co.id/thread/526649d70e8b464c5b000003/camera-penghitung-pengunjung-people-counter-95-accuracy-dari-sensormatic-overhead

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus